...

PENDIDIKAN BERKUALITAS

"Memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang"

Sejak tahun 2000, kemajuan dalam pencapaian target pendidikan dasar universal telah begitu besar. Tingkat keikutsertaan di wilayah berkembang mencapai 91 persen pada 2015, dan jumlah anak putus sekolah di seluruh dunia menurun hingga setengahnya. Tingkat melek aksara mengalami peningkatan yang dramatis, dan jumlah anak perempuan yang mengenyam pendidikan belum pernah setinggi saat ini. Semua ini adalah kesuksesan yang luar biasa.

Namun kemajuan ini bukan tanpa tantangan terutama di wilayah berkembang akibat tingginya tingkat kemiskinan, konflik bersenjata dan hal-hal darurat lainnya. Di Asia Barat dan Afrika Utara, konflik bersenjata yang masih berlangsung berakibat pada meningkatnya jumlah anak putus sekolah. Ini adalah tren yang mengkhawatirkan. Sementara Afrika sub-Sahara mengalami kemajuan paling besar dalam keikutsertaan pendidikan dasar di antara wilayah berkembang lainnya—dari 52 persen pada 1990, meningkat jadi 78 persen pada 2012—kesenjangan lain masih terjadi. Anak-anak dari keluarga termiskin memiliki kemungkinan empat kali lebih besar untuk putus sekolah dibanding mereka yang berasal dari keluarga berada. Dan kesenjangan antara daerah pedesaan dan perkotaan juga masih tinggi.

Meraih pendidikan berkualitas dan inklusif untuk semua menegaskan kembali keyakinan bahwa pendidikan adalah salah satu alat paling kuat dan terbukti bagi berlangsungnya pembangunan berkelanjutan. Tujuan ini memastikan semua anak perempuan dan laki-laki bisa menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah bebas biaya pada tahun 2030. Selain itu, tujuan ini juga menargetkan penyediaan akses pada pelatihan kejuruan yang terjangkau, serta menghilangkan kesenjangan gender dan kekayaan, demi mencapai akses universal pada pendidikan tinggi berkualitas.

Pilih Tahun
-
Pilih Tujuan

No Indikator Satuan 2019 2020 2021
1 Jumlah bantuan resmi Pemerintah Indonesia kepada mahasiswa asing penerima beasiswa kemitraan negara berkembang -
2 Persentase siswa yang mengalami perundungan dalam 12 bulan terakhir -
3 Pengarusutamaan pada semua jenjang pendidikan, (i) pendidikan kewargaan dunia, (ii) pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan termasuk kesetaraan gender dan hak asasi manusia pada (a) kebijakan pendidikan nasional, (b) kurikulum, (c) pendidikan guru, (d) -
4 Angka melek huruf % 98.18 98.5 99.5
5 Persentase remaja/dewasa pada kelompok usia tertentu, paling tidak mahir/mampu pada level tertentu dalam keterampilan (i) membaca dan (ii) menghitung, menurut jenis kelamin -
6 Rasio Angka Partisipasi Murni (APM) pada tingkat SD/ sederajat, dan (ii) Rasio Angka Partisipasi Kasar (APK) pada tingkat SMP/sederajat, SMA/ SMK/sederajat, dan Perguruan Tinggi untuk (a) perempuan/ laki-laki, (b) pedesaan/perkotaan, (c) kuintil terbawah/ -
7 Proporsi remaja (usia 15-24 tahun) dan dewasa (usia 15-59 tahun) dengan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) % 87.71 88.02
8 Proporsi remaja dan dewasa dengan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) % 87.71 88.02
9 Tingkat partisipasi remaja dan dewasa dalam pendidikan dan pelatihan formal dan non formal dalam 12 bulan terakhir, menurut jenis kelamin -
10 Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) % 41.4 41.4 34.99
11 Tingkat partisipasi dalam pembelajaran yang teroganisir (satu tahun sebelum usia sekolah dasar), menurut jenis kelamin -
12 Proporsi anak usia 24-59 bulan yang berkembang dengan baik dalam bidang kesehatan, pembelajaran, dan psikososial, menurut jenis kelamin -
13 Proporsi anak-anak dan remaja: (a) pada kelas 4, (b) tingkat akhir SD/kelas 6, (c) tingkat akhir SMP/ kelas 9 yang mencapai standar kemampuan minimum dalam: (i) membaca, (ii) matematika -
14 Angka anak tidak sekolah jenjang PAUD, SD/sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/ sederajat %
15 Tingkat penyelesaian pendidikan jenjang SD/ sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat -
16 Angka Partisipasi Kasar (APK) SMP/MTs/sederajat % 114.96 124.47 101.2
17 Angka Partisipasi Kasar (APK) SD/MI/sederajat % 112.54 108.07 98.43
18 Persentase SMP/MTs berakreditasi minimal B % 94.17 90.74 91.67
19 Persentase SD/MI berakreditasi minimal B % 94.17 97.11 98.09