Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan)
Satu Data mendukung penyajian data-data pembangunan dengan format internasional yang telah distandarkan oleh PBB. Format sajian data tersebut dapat dilihat melalui menu SDGs ini. SDGs merupakan agenda pembangunan dunia yang bertujuan untuk kesejahteraan manusia secara global. Agenda tersebut merupakan program pembangunan berkelanjutan dimana didalamnya terdapat 17 tujuan dengan 169 target yang terukur dan telah disepakati oleh 193 negara anggota termasuk Indonesia. Melalui menu ini dapat menjadi gambaran bahwa perencanaan pembangunan Demak telah mendukung keberlangsungan rencana pembangunan global sesuai yang diamanatkan dalam target SDGs.
Detail SDGs
| No | Kategori Tujuan | Indikator | Satuan | 2019 | 2020 | 2021 |
|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | 17 - KEMITRAAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN | Persentase konsumen Badan Pusat Statistik (BPS) | % | 9.19 | 83.84 | 85.16 |
| 2 | 17 - KEMITRAAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN | Pertumbuhan ekspor produk non migas | - | 0.29 | 0.15 | -0.17 |
| 3 | 17 - KEMITRAAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN | Proporsi individu yang menggunakan internet | % | 100 | 100 | |
| 4 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Persentase penyelesaian sengketa informasi publik melalui mediasi dan/atau ajudikasi non litigasi | % | 100 | 100 | |
| 5 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Jumlah badan publik telah menyusun peraturan layanan informasi publik di Kabupaten | OPD | 100 | 100 | 125 |
| 6 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Jumlah SKPD yang mengembangkan Teknologi Informasi | % | 42 | 42 | 42 |
| 7 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Jumlah penanganan pengaduan kekerasan terhadap perempuan | Kasus | 7 | 35 | 0 |
| 8 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Jumlah seluruh penanganan pengaduan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dalam kurun waktu 12 bulan terakhir | Surat Pengaduan kepada Bupati | 1 | 0 | 0 |
| 9 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Persentase anak yang memiliki akta kelahiran | % | 98.79 | 99.02 | 94.5 |
| 10 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Persentase kepemilikan akte lahir untuk penduduk 40% berpendapatan bawah | % | 32.63 | 32.78 | 32.78 |
| 11 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Proporsi anak umur di bawah 5 tahun yang kelahirannya dicatat oleh lembaga pencatatan sipil, menurut umur | % | 97.43 | 99.36 | 96.69 |
| 12 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Persentase perempuan pada jabatan eselon I,II | % | 9.1 | 4.3 | 5 |
| 13 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Persentase keterwakilan perempuan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi | % | 14 | 12 | 12 |
| 14 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Terselenggaranya dukungan pengadaan barang dan jasa pemerintah | Paket | 98.73 | 99.13 | 98.61 |
| 15 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Persentase peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) | Indeks | 100 | 100 | 100 |
| 16 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Prosentase peningkatan OPini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah | Dokumen | 100 | 100 | 100 |
| 17 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Proporsi pengeluaran utama pemerintah terhadap anggaran yang disetujui | % | 100 | 100 | 92.75 |
| 18 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) | Indeks | 3.9 | 3.91 | 4.409 |
| 19 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Jumlah Pelayanan peradilan bagi masyarakat miskin melalui sidang di luar gedung pengadilan, pembebasan biaya perkara, dan pos layanan hukum | Perkara | 0 | 0 | 0 |
| 20 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Jumlah penanganan perkara masyarakat yang tidak mampu | Perkara | 5 | 10 | 40 |
| 21 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Proporsi korban kekerasan dalam 12 bulan terakhir yang melaporkan kepada polisi | kasus | 1.16 | 0.46 | |
| 22 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Rasio korban kekerasan terhadap anak laki-laki dan perempuan | % | 0 | 0 | 0 |
| 23 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Proporsi rumah tangga yang memiliki anak umur 1-17 tahun yang mengalami hukuman fisik dan/atau agresi psikologis dari pengasuh dalam setahun terakhir | Kasus | 6 | 0 | 0 |
| 24 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Proporsi penduduk yang merasa aman berjalan sendirian di area tempat tinggalnya | % | 100 | 100 | 100 |
| 25 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Proporsi penduduk yang menjadi korban kejahatan dalam 12 bulan terakhir | - | |||
| 26 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Kematian disebabkan konflik per 100.000 penduduk | - | 0 | 0 | 0 |
| 27 | 16 - PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YAN... | Jumlah kasus kejahatan pembunuhan pada satu tahun terakhir | kasus | 0 | 0 | 0 |
| 28 | 15 - EKOSISTEM DARATAN | Proporsi luas lahan kritis yang direhabilitasi terhadap luas lahan keseluruhan | Ha | 0.003 | 0.003 | |
| 29 | 15 - EKOSISTEM DARATAN | Proporsi tutupan hutan terhadap luas lahan keseluruhan | % | 0.66 | 18.32 | 18.37 |
| 30 | 14 - EKOSISTEM LAUTAN | Persentase kepatuhan pelaku usaha | % | 85 | 91 | 91.5 |
| 31 | 13 - PENANGANAN PERUBAHAN IKLIM | Jumlah emisi gas rumah kaca (GRK) per tahun | - | 1485.25 | 1543.65 | 1354.96 |
| 32 | 13 - PENANGANAN PERUBAHAN IKLIM | Tersusunnya Profil Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) | Dokumen | 1 | 1 | 1 |
| 33 | 13 - PENANGANAN PERUBAHAN IKLIM | Dokumen strategi pengurangan risiko bencana (PRB) daerah | Dokumen | 0 | 0 | 0 |
| 34 | 12 - KONSUMSI DAN PRODUKSI YANG BERTANGGUNG J... | Jumlah perusahaan yang menerapkan sertifikasi SNI ISO 14001 | Perusahaan | 5 | 5 | 5 |
| 35 | 12 - KONSUMSI DAN PRODUKSI YANG BERTANGGUNG J... | Jumlah limbah B3 yang terkelola dan proporsi limbah B3 yang diolah sesuai peraturan perundangan (sektor industri) | % | 20.1 | 27.1 | 38.01 |
| 36 | 12 - KONSUMSI DAN PRODUKSI YANG BERTANGGUNG J... | Jumlah peserta PROPER yang mencapai minimal ranking BIRU | Perusahaan | 1 | 1 | 1 |
| 37 | 11 - KOTA DAN PEMUKIMAN YANG BERKELANJUTAN | Proporsi ruang terbuka perkotaan untuk semua | Ha | 211.602 | 214.033 | |
| 38 | 11 - KOTA DAN PEMUKIMAN YANG BERKELANJUTAN | Jumlah kota hijau yang menyediakan ruang terbuka hijau dikawasan perkotaan metropolitan dan kota sedang | - | 3 | 3 | |
| 39 | 11 - KOTA DAN PEMUKIMAN YANG BERKELANJUTAN | Jumlah kota hijau yang mengembangkan dan menerapkan green waste di kawasan perkotaan metropolitan | - | 3 | 3 | |
| 40 | 11 - KOTA DAN PEMUKIMAN YANG BERKELANJUTAN | Persentase sampah perkotaan yang tertangani | % | 8.68 | 13.83 | 84.75 |
| 41 | 11 - KOTA DAN PEMUKIMAN YANG BERKELANJUTAN | Jumlah sistem peringatan dini cuaca dan iklim serta kebencanaan | Unit | 1 | 1 | 1 |
| 42 | 11 - KOTA DAN PEMUKIMAN YANG BERKELANJUTAN | Jumlah desa tangguh bencana terbentuk | Desa | 19 | 22 | 26 |
| 43 | 11 - KOTA DAN PEMUKIMAN YANG BERKELANJUTAN | Jumlah korban meninggal, hilang dan terkena dampak bencana per 100.000 orang | % | 100 | 100 | 100 |
| 44 | 11 - KOTA DAN PEMUKIMAN YANG BERKELANJUTAN | Persentase pengguna moda transportasi umum di perkotaan | - | 46.07 | ||
| 45 | 11 - KOTA DAN PEMUKIMAN YANG BERKELANJUTAN | Proporsi rumah tangga yang memiliki hunian yang layak dan terjangkau | % | 74 | 74.97 | 79.05 |
| 46 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Jumlah fasilitasi pelayanan penempatan TKLN berdasarkan okupasi | perusahaan | 2 | 2 | 2 |
| 47 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Proporsi peserta program jaminan bidang ketenagakerjaan | orang | 22646 | 28985 | 29160 |
| 48 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Persentase rencana anggaran untuk belanja fungsi perlindungan sosial pemerintah pusat. | % | |||
| 49 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Proporsi upah dan subsidi perlindungan sosial dari pemberi kerja terhadap PDB. | Rp | |||
| 50 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Jumlah kebijakan yang diskriminatif dalam 12 bulan lalu berdasarkan pelarangan diskriminasi menurut hukum HAM Internasional. | - | |||
| 51 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Jumlah penanganan pengaduan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) perempuan terutama kekerasan terhadap perempuan | Surat Aduan kepada Bupati | 0 | 0 | 0 |
| 52 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Jumlah penanganan pengaduan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) | Surat Aduan kepada Bupati | 0 | 0 | 0 |
| 53 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Proporsi penduduk yang melaporkan merasa didiskriminasikan atau dilecehkan dalam kurun 12 bulan terakhir atas dasar larangan diskriminasi sesuai hukum internasional Hak Asasi Manusia. | - | |||
| 54 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Proporsi penduduk yang hidup di bawah 50 persen dari median pendapatan, menurut jenis kelamin dan penyandang difabilitas. | - | |||
| 55 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Persentase penduduk miskin di daerah tertinggal. | % | |||
| 56 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Rata-rata pertumbuhan ekonomi di daerah tertinggal. | - | |||
| 57 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Jumlah daerah tertinggal. | desa | |||
| 58 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Jumlah Desa Mandiri | desa | 1 | 10 | 25 |
| 59 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Jumlah desa tertinggal. | desa | |||
| 60 | 10 - BERKURANGNYA KESENJANGAN | Persentase penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan nasional, menurut jenis kelamin dan kelompok umur | % | 11.86 | 12.54 | 12.92 |
| 61 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Proporsi individu yang menggunakan internet | % | 100 | 100 | |
| 62 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Proporsi individu yang menggunakan telepon genggam | % | 65.95 | 70.61 | 74.6 |
| 63 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Kontribusi ekspor produk industri berteknologi tinggi | - | |||
| 64 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Jumlah sumber daya manusia bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (peneliti, perekayasa, dan dosen) pada instansi pemerintah dan perguruan tinggi per satu juta penduduk | - | |||
| 65 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Proporsi anggaran riset pemerintah terhadap PDB | - | |||
| 66 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Intensitas emisi sektor industri | - | |||
| 67 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Penurunan emisi gas rumah kaca sektor industri | - | |||
| 68 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Persentase Perubahan Emisi CO2/Emisi Gas Rumah Kaca | % | 19.15 | 21.21 | 22.73 |
| 69 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Rasio Emisi CO2/Emisi Gas Rumah Kaca dengan nilai tambah sektor industri manufaktur | - | 0.025 | 0.097 | 0.102 |
| 70 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Proporsi industri kecil dengan pinjaman atau kredit | - | |||
| 71 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Proporsi nilai tambah industri kecil terhadap total nilai tambah industri | % | 1.27 | 1.24 | 1.38 |
| 72 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Proporsi tenaga kerja pada sektor industri manufaktur | % | 20.64 | 22.17 | |
| 73 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Laju pertumbuhan PDB Industri manufaktur pengolahan | % | 6.93 | -3.08 | 4.65 |
| 74 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Proporsi nilai tambah sektor industri manufaktur terhadap PDB dan perkapita | % | 30.84 | 30.01 | 31 |
| 75 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Jumlah pelabuhan strategis | - | |||
| 76 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Jumlah pelabuhan penyeberangan | - | |||
| 77 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Jumlah bandara | - | |||
| 78 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Jumlah penumpang dan barang berdasarkan moda transportasi | - | |||
| 79 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Panjang jalur kereta api | - | |||
| 80 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Kondisi mantap jalan nasional | - | |||
| 81 | 9 - INDUSTRI, INOVASI DAN INFRASTRUKTUR | Persentase Panjang Jalan Dalam Kondisi Baik | % | 96.85 | 97.24 | 98.48 |
| 82 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Adanya strategi nasional terkait ketenagakerjaan pemuda yang sudah dikembangkan dan operasional sebagai strategi khusus atau sebagai bagian dari strategi ketenagakerjaan nasional | - | |||
| 83 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Bantuan untuk komitmen perdagangan dan pencairan pendanaan | - | |||
| 84 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Jumlah kantor bank dan ATM per 100.000 penduduk dewasa | - | |||
| 85 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Jumlah devisa sektor pariwisata | - | |||
| 86 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Jumlah kunjungan wisatawan nusantara | orang | 4099522 | 856866 | 858369 |
| 87 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Jumlah wisatawan mancanegara | orang | 1491 | 42 | 3 |
| 88 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Proporsi dan laju pertumbuhan kontribusi pariwisata terhadap PDB | - | |||
| 89 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Persentase dan jumlah anak usia 5-17 tahun, yang bekerja, dibedakan berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur (dibedakan berdasarkan bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak) | - | |||
| 90 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Usia muda (15-24) yang sedang tidak sekolah, bekerja atau mengikuti pelatihan (NEET) | orang | 16872 | 3513 | |
| 91 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Tingkat setengah pengagguran | orang | 152 | 94.065 | |
| 92 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Tingkat pengangguran terbuka berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur | % | 5.46 | 5.78 | 5.28 |
| 93 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Upah rata-rata per jam pekerja | Rp/jam | 12800 | 13897 | 14774 |
| 94 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Konsumsi material domestik (domestic material consumption) | - | |||
| 95 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Rencana dan implementasi Strategi Pelaksanaan Sasaran Pola Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan | - | |||
| 96 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Jejak material (material footprint) yang dihitung selama tahun berjalan | - | |||
| 97 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Persentase tenaga kerja informal sektor pertanian | % | 89.04 | 94.75 | |
| 98 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Presentase Tenaga kerja formal | % | 4.69 | 39.74 | |
| 99 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | PDRB per kapita | Rupiah | 22.52 | 22.61 | 22.8 |
| 100 | 8 - PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI | Laju pertumbuhan PDRB | % | 5.36 | -0.23 | 2.62 |
| 101 | 7 - ENERGI BERSIH DAN TERJANGKAU | Kapasitas Terpasang Pembangkit Listrik dari Energi Terbarukan dalam watt per kapita) | - | |||
| 102 | 7 - ENERGI BERSIH DAN TERJANGKAU | Bantuan keuangan internasional ke negara-negara berkembang untuk mendukung penelitian dan pengembangan energi bersih dan produksi energi terbarukan, termasuk sistem hibrida | - | |||
| 103 | 7 - ENERGI BERSIH DAN TERJANGKAU | Intensitas energi primer | - | |||
| 104 | 7 - ENERGI BERSIH DAN TERJANGKAU | Proporsi penduduk dengan sumber energi utama pada teknologi dan bahan bakar yang bersih | - | |||
| 105 | 7 - ENERGI BERSIH DAN TERJANGKAU | Konsumsi listrik per kapita | - | |||
| 106 | 7 - ENERGI BERSIH DAN TERJANGKAU | Rasio elektrifikasi | - | |||
| 107 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Tingkat pelaksanaan pengelolaan sumber daya air secara terpadu (0-100) | - | |||
| 108 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Proporsi pengambilan air baku bersumber dari air tanah terhadap ketersediaanya | - | |||
| 109 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Proporsi pengambilan air baku bersumber dari air permukaan terhadap ketersediaannya | - | |||
| 110 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Tingkat water stress: proporsi pengambilan (withdrawal) air tawar terhadap ketersediannya | - | |||
| 111 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Pengendalian dan penegakan hukum bagi penggunaan air tanah | 1 | 22 | 36 | 38 |
| 112 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Perubahan efisiensi penggunaan air dari waktu ke waktu | - | |||
| 113 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Kualitas air tanah sebagai air baku | - | |||
| 114 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Kualitas air permukaan sebagai air baku | - | |||
| 115 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Proporsi badan air dengan kualitas air ambien yang baik | - | |||
| 116 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Proporsi rumah tangga yang terlayani sistem pengelolaan lumpur tinja | - | |||
| 117 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Jumlah Kabupaten/kota yang ditingkatkan kualitas pengelolaan lumpur tinja perkotaan dan dilakukan pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) | - | |||
| 118 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Proporsi limbah cair rumah tangga dan industri cair yang diolah secara aman | - | |||
| 119 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Jumlah desa/kelurahan yang Open Defecation Free (ODF)/ Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) | Desa | 153 | 189 | 200 |
| 120 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Jumlah desa/kelurahan yang melaksanakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) | Desa | 230 | 249 | 249 |
| 121 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Persentase rumah tinggal bersanitasi | % | 92.22 | 98 | 98.15 |
| 122 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Kapasitas Prasarana air baku | lt/dt | 725 | 775 | |
| 123 | 6 - AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK | Persentase rumah tangga yang mengakses air minum layak | % | 73.98 | 85.64 | 82.98 |
| 124 | 5 - KESETARAAN GENDER | Pengetahuan dan pemahaman Pasangan Usia Subur (PUS) tentang metode kontrasepsi modern | % | 100 | 100 | 100 |
| 125 | 5 - KESETARAAN GENDER | Unmet need KB | % | 8.47 | 7.89 | 10.2 |
| 126 | 5 - KESETARAAN GENDER | Perempuan sebagai Tenaga Manajer, Profesional, Administrasi, Teknisi | % | 53.15 | 53.15 | 48.85 |
| 127 | 5 - KESETARAAN GENDER | Proporsi kursi yang diduduki perempuan di parlemen tingkat daerah | % | 14 | 12 | 12 |
| 128 | 5 - KESETARAAN GENDER | Proporsi waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan rumah tangga dan perawatan, berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, dan lokasi | - | |||
| 129 | 5 - KESETARAAN GENDER | Proporsi perempuan umur 20-24 tahun yang berstatus kawin atau berstatus hidup bersama sebelum umur 15 tahun dan sebelum umur 18 tahun | % | 1.17 | 1.28 | 21.74 |
| 130 | 5 - KESETARAAN GENDER | persentase korban kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terlaporkan terlayani | % | 100 | 100 | 100 |
| 131 | 5 - KESETARAAN GENDER | Proporsi perempuan dewasa dan anak perempuan (umur 15- 64 tahun) mengalami kekerasan seksual oleh orang lain selain pasangan dalam 12 bulan terakhir | % | |||
| 132 | 5 - KESETARAAN GENDER | Prevalensi kasus kekerasan terhadap anak perempuan | % | |||
| 133 | 5 - KESETARAAN GENDER | Proporsi perempuan dewasa dan anak perempuan (umur 15-64 tahun) mengalami kekerasan fisik, seksual, atau emosional ) oleh pasangan atau mantan pasangan dalam 12 bulan terakhir | % | |||
| 134 | 5 - KESETARAAN GENDER | Ketersediaan kerangka hukum yang mendorong, menetapkan dan memantau kesetaraan gender dan penghapusan diskriminasi berdasarkan jenis kelamin | - | |||
| 135 | 5 - KESETARAAN GENDER | Jumlah kebijakan yang responsif gender mendukung pemberdayaan perempuan | Dokumen | 3 | 3 | 3 |
| 136 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Jumlah bantuan resmi Pemerintah Indonesia kepada mahasiswa asing penerima beasiswa kemitraan negara berkembang | - | |||
| 137 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Persentase siswa yang mengalami perundungan dalam 12 bulan terakhir | - | |||
| 138 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Pengarusutamaan pada semua jenjang pendidikan, (i) pendidikan kewargaan dunia, (ii) pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan termasuk kesetaraan gender dan hak asasi manusia pada (a) kebijakan pendidikan nasional, (b) kurikulum, (c) pendidikan guru, (d) | - | |||
| 139 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Angka melek huruf | % | 98.18 | 98.5 | 99.5 |
| 140 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Persentase remaja/dewasa pada kelompok usia tertentu, paling tidak mahir/mampu pada level tertentu dalam keterampilan (i) membaca dan (ii) menghitung, menurut jenis kelamin | - | |||
| 141 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Rasio Angka Partisipasi Murni (APM) pada tingkat SD/ sederajat, dan (ii) Rasio Angka Partisipasi Kasar (APK) pada tingkat SMP/sederajat, SMA/ SMK/sederajat, dan Perguruan Tinggi untuk (a) perempuan/ laki-laki, (b) pedesaan/perkotaan, (c) kuintil terbawah/ | - | |||
| 142 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Proporsi remaja (usia 15-24 tahun) dan dewasa (usia 15-59 tahun) dengan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) | % | 87.71 | 88.02 | |
| 143 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Proporsi remaja dan dewasa dengan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) | % | 87.71 | 88.02 | |
| 144 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Tingkat partisipasi remaja dan dewasa dalam pendidikan dan pelatihan formal dan non formal dalam 12 bulan terakhir, menurut jenis kelamin | - | |||
| 145 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) | % | 41.4 | 41.4 | 34.99 |
| 146 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Tingkat partisipasi dalam pembelajaran yang teroganisir (satu tahun sebelum usia sekolah dasar), menurut jenis kelamin | - | |||
| 147 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Proporsi anak usia 24-59 bulan yang berkembang dengan baik dalam bidang kesehatan, pembelajaran, dan psikososial, menurut jenis kelamin | - | |||
| 148 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Proporsi anak-anak dan remaja: (a) pada kelas 4, (b) tingkat akhir SD/kelas 6, (c) tingkat akhir SMP/ kelas 9 yang mencapai standar kemampuan minimum dalam: (i) membaca, (ii) matematika | - | |||
| 149 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Angka anak tidak sekolah jenjang PAUD, SD/sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/ sederajat | % | |||
| 150 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Tingkat penyelesaian pendidikan jenjang SD/ sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat | - | |||
| 151 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Angka Partisipasi Kasar (APK) SMP/MTs/sederajat | % | 114.96 | 124.47 | 101.2 |
| 152 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Angka Partisipasi Kasar (APK) SD/MI/sederajat | % | 112.54 | 108.07 | 98.43 |
| 153 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Persentase SMP/MTs berakreditasi minimal B | % | 94.17 | 90.74 | 91.67 |
| 154 | 4 - PENDIDIKAN BERKUALITAS | Persentase SD/MI berakreditasi minimal B | % | 94.17 | 97.11 | 98.09 |
| 155 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Persentase infeksi aliran darah akibat organisme antimikroba-resisten terpilih/tertentu | - | |||
| 156 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Regulasi kesehatan internasional dan kesiapsiagaan darurat kesehatan | - | |||
| 157 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Kepadatan dan distribusi tenaga kesehatan | - | |||
| 158 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Proporsi fasilitas kesehatan dengan paket obat essensial yang tersedia dan terjangkau secara berkelanjutan | - | |||
| 159 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Total Official Development Assistant (ODA) untuk penelitian medis dan sektor kesehatan dasar | - | |||
| 160 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Proporsi target populasi yang telah memperoleh vaksin program nasional | - | |||
| 161 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Persentase merokok pada penduduk umur ≥15 tahun | % | 14.53 | 28.58 | |
| 162 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Angka kematian akibat keracunan | - | |||
| 163 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Angka kematian akibat air tidak aman, sanitasi tidak aman, dan tidak higienis | - | |||
| 164 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Angka kematian akibat rumah tangga dan polusi udara ambien | - | |||
| 165 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Cakupan Jaminan Kesehatan Daerah | % | 100 | 100 | 100 |
| 166 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Proporsi populasi dengan pengeluaran rumah tangga yang besar untuk kesehatan sebagai bagian dari total pengeluaran rumah tangga atau pendapatan | - | |||
| 167 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Cakupan pelayanan kesehatan esensial | - | |||
| 168 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Angka kelahiran pada perempuan umur 15-19 tahun (Age Specific Fertility Rate/ASFR) | % | 13.12 | 14.05 | 3 |
| 169 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Angka penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MJKP) cara modern | % | 17.54 | 17.71 | 17.34 |
| 170 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Total Fertility Rate (TFR) | % | 2.08 | 2.08 | 2 |
| 171 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | CPR/ Peserta KB Aktif | % | 74.55 | 79.01 | 79.11 |
| 172 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Proporsi perempuan usia reproduksi (15-49 tahun) yang memiliki kebutuhan keluarga berencana terpenuhi menurut metode kontrasepsi modern | - | |||
| 173 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Angka kematian akibat cedera fatal kecelakaan lalu lintas | - | 161 | 154 | 126 |
| 174 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Konsumsi alkohol (liter per kapita) oleh penduduk umur ≥ 15 tahun dalam satu tahun terakhir | - | |||
| 175 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Prevalensi penyalahgunaan narkoba | - | 42 | 45 | 1 |
| 176 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Jumlah Lembaga Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan NAPZA yang telah dikembangkan/dibantu | - | 1 | 1 | 1 |
| 177 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Jumlah korban penyalahgunaan NAPZA yang mendapatkan rehabilitasi sosial di dalam panti sesuai standar pelayanan | orang | 78 | 91 | |
| 178 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Jumlah yang mengakses layanan pasca rehabilitasi | orang | 24 | 20 | |
| 179 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Jumlah penyalahguna narkotika dan pengguna alkohol yang merugikan, yang mengakses layanan rehabilitasi medis | - | 201 | ||
| 180 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Cakupan intervensi pengobatan (farmakologi, psikososial, rehabilitasi dan layanan pasca intervensi) bagi gangguan penyalahgunaan zat | - | |||
| 181 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Angka kematian (insidens rate) akibat bunuh diri | - | |||
| 182 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Prevalensi Obesitas Pada Penduduk Usia 18+ Tahun (Persen) | % | 0.9 | 24.4 | 12.97 |
| 183 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Proporsi kasus hipertensi di fasyankes | % | 78.03 | 73.72 | 100 |
| 184 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Persentase merokok penduduk usia 10-18 tahun | - | |||
| 185 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Kematian akibat penyakit kardiovaskuler, kanker, diabetes atau penyakit pernapasan kronis | - | |||
| 186 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Jumlah kab/kota dengan eliminasi filarissis (berhasil lolos dalam survey penilaian transmisi tahap 1) | Kab | 1 | 1 | 1 |
| 187 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Jumlah kabupaten/ kota dengan eliminasi kusta | - | |||
| 188 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Jumlah Orang Yang Memerlukan Intervensi Terhadap Penyakit Tropis Yang Terabaikan (Kusta) | kasus | 40 | 36 | 0 |
| 189 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Insiden Hepatitis B per 100.000 penduduk | - | |||
| 190 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Kejadian Malaria per 1000 orang | - | |||
| 191 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Jumlah kabupaten/kota dengan eliminasi Malaria | Kab | 1 | 1 | 1 |
| 192 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Persentase kabupaten/kota yang mencapai 80% imunisasi dasar lengkap pada bayi | % | 100 | 100 | 87.1 |
| 193 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Angka kematian Bayi (AKB) per 1000 kelahiran hidup | per 1000 klh | 5.3 | 4.9 | 3.8 |
| 194 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Angka Kematian Neonatal (AKN) per 1000 kelahiran hidup | % | 100 | 100 | 100 |
| 195 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Angka Kematian Balita (AKBa) per 1000 kelahiran hidup | per 1000 klh | 6.7 | 5.8 | 4.5 |
| 196 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Proporsi perempuan pernah kawin umur 15-49 tahun yang proses kelahiran terakhirnya di fasilitas kesehatan | % | 100 | 100 | 100 |
| 197 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Proporsi perempuan pernah kawin umur 15-49 tahun yang proses kelahiran terakhirnya ditolong oleh tenaga kesehatan terlatih | % | 100 | 100 | 100 |
| 198 | 3 - KESEHATAN YANG BAIK DAN KESEJAHTERAAN | Angka Kematian Ibu (AKI) | per 100.000 klh | 62.57 | 57.59 | 91.19 |
| 199 | 2 - MENGAKHIRI KELAPARAN | Skor Pola Pangan Harapan | Angka Skor | 88.6 | 92.3 | 92.4 |
| 200 | 2 - MENGAKHIRI KELAPARAN | Persentase bayi usia kurang dari 6 bulan yang mendapatkan ASI eksklusif | % | 63.89 | 68.48 | 72.07 |
| 201 | 2 - MENGAKHIRI KELAPARAN | Prevalensi anemia pada ibu hamil | % | 6.7 | 4.48 | 3.29 |
| 202 | 2 - MENGAKHIRI KELAPARAN | Prevalensi Malnutrisi (berat badan/tinggi badan) anak pada usia kurang dari 5 tahun, berdasarkan tipe) | % | 0.025 | 0.025 | 0.029 |
| 203 | 2 - MENGAKHIRI KELAPARAN | Prevalensi stunting (pendek dan sangat pendek) pada anak di bawah dua tahun/baduta | % | 4.63 | 1.84 | 3.3 |
| 204 | 2 - MENGAKHIRI KELAPARAN | Presentase Penanganan Daerah Rawan Pangan | % | 66.7 | 69.4 | 72.22 |
| 205 | 2 - MENGAKHIRI KELAPARAN | Ketersediaan pangan utama beras (ton) | Ton | 458984 | 626726 | 527218 |
| 206 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Jumlah kerugian ekonomi langsung akibat bencana | Dokumen | 12 | 15 | 15 |
| 207 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Indeks risiko bencana pada pusat-pusat pertumbuhan yang berisiko tinggi | Angka | 0 | 0 | 0 |
| 208 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Persentase rumah tangga miskin dan rentan yang sumber penerangan utamanya listrik baik dari PLN dan bukan PLN | % | |||
| 209 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Persentase penduduk umur 0-17 tahun dengan kepemilkikan akta kelahiran | % | 98.79 | 99.02 | 96.67 |
| 210 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Angka Partisipasi Murni (APM) SMP/MTs/sederajat | % | 78.7 | 99.08 | 84.8 |
| 211 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Angka Partisipasi Murni (APM) SD/MI/sederajat | % | 98.99 | 96.36 | 90.02 |
| 212 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Persentase kawasan permukinan kumuh yang tertangani | % | 36.3 | 82.05 | 100 |
| 213 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Persentase rumah tangga yang memilki akses terhadap layanan sanitasi layak dan berkelanjutan | % | 92.22 | 98 | 98.15 |
| 214 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Persentase rumah tangga yang mengakses air minum layak | % | 73.98 | 85.64 | 82.98 |
| 215 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Prevalensi Penggunaan metode Kontrasepsi (CPR) semua cara pada pasangan Usia Subur (PUS) usia 15 tahun-49 tahun yang berstatus kawain | % | 74.55 | 79.01 | 79.11 |
| 216 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Persentase anak umur 12-23 bulan yang menerima imunisasi dasar lengkap | % | 99.4 | 100 | 92 |
| 217 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Persentase perempuan pernah kawin umur 15-49 tahun yang prosesnya melahirkan terakhirnya di fasilitas kesehatan | % | 100 | 100 | 100 |
| 218 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Jumlah rumah tangga yang mendapatkan bersyarat/Prgram Keluarga Harapan | KK | 56393 | 53342 | 54709 |
| 219 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Persentase penyandang disabilitas miskin | % | 4.53 | 60.02 | 75.72 |
| 220 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Proporsi peserta Program Jaminan Sosial Bidang Ketenagakerjaan | % | 0 | 86.17 | 76.14 |
| 221 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Proporsi peserta jaminan kesehatan melalui SJSN Bidang Kesehatan | % | 2.42 | 0.11 | 0.99 |
| 222 | 1 - MENGHAPUS KEMISKINAN | Tingkat Kemiskinan | % | 11.86 | 12.54 | 12.92 |