...

Informasi Geospasial Dukung Pengambilan Kebijakan Berkualitas

Senin, 23 Oktober 2023 03:35 | Kategori : Umum | Tag : Demak,

Demak - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak bekerjasama dengan PPIG (Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial) Badan Informasi Geospasial (BIG) dan PPIIG (Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial) Undip menggelar In-House Training Pengelolaan Data Geospasial Daerah Kabupaten Demak, Rabu (18/10/23) bertempat di Ruang Pertemuan DPMPTSP.

Kegiatan yang diikuti 65 admin geospasial OPD tersebut dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 18 - 20 Oktober 2023 dengan menghadirkan narasumber dari PPIG BIG, M. Hasannudin Yusa' serta PPIIG Undip, Yudo Prasetyo.

Asisten Administrasi Umum Sekda Demak Amir Mahmud dalam  sambutannya menyampaikan, keberadaan data itu sangat penting dan sangat di butuhkan pimpinan dalam mengambil kebijakan.
 
Menurutnya, jika menginginkan kebijakan yang berkualitas maka di butuhkan data yang berkualitas juga. 

“Tentu ketepatan data ini sangat penting. Jika data yang masuk tidak berkualitas maka kebijakan yang diambil Pemerintah Daerah tidak tepat. Ini pastinya menjadi PR bersama, sehingga dalam konteks ini kebijakan apapun membutuhkan data dan informasi berkualitas,”kata Amir.

Amir berharap melalui kegiatan ini nantinya akan menghasilkan data yang berkualitas, sehingga kebijakan yang di ambil pimpinan dapat tepat sasaran. 

Sementara, Plt Kabid Statistik dan Persandian Harso Gutomo mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan simpul jaringan. 

“Kegiatan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman ilmu geospasial,”kata Harso.

Lanjutnya, geopasial adalah data yang memuat informasi yang berkaitan dengan suatu lokasi di permukaan bumi di titik koordinat tertentu. Dengan data tersebut dapat dilakukan pemetaan dan analisa terkait dengan karakteristik lokasi, demografi, peristiwa di wilayah tertentu, dan lain sebagainya. (kominfo/ist)

Tagline : Demak,
Kategori : Umum