...

Dinkominfo Gelar Rakor Pengumpulan Data Prioritas Triwulan IV dan Metadata

Selasa, 12 Desember 2023 12:58 | Kategori : Umum | Tag : Demak,

Demak – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak menggelar Rapat Koordinasi Pengumpulan Data Prioritas Triwulan IV dan Metadata. Kegiatan yang diikuti 27 wali data pendukung dari OPD tersebut menghadirkan 3 narasumber meliputi Asisten Administrasi Umum Amir Mahmud, Ka Bappelitbangda dan Ka Dinpuratu dibuka oleh Bupati Demak Eisti’anah, Selasa  (12/12) bertempat di Ruang Rapat Dinas Setempat.

Bupati Demak Eisti’anah mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Menurutnya, data begitu peting karena data merupakan kunci utama dalam pembuatan perencanaan Pembangunan suatu daerah.

“Perlu saya tekankan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Demak memiliki satudata.demakkab.go.id. Dimana melalui portal satu data ini, kita semua dimudahkan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan,”kata Eisti

Untuk itu, Eisti meminta utamanya kepada segenap admin data sectoral untuk bisa konsisten mengirimkan data yang sudah ditetapkan sebagai data prioritas. 

“Jika ada perubahan, segera update. Jangan menunda. Ini sangat penting, karena portal satu data ini bisa diakses luas oleh masyarakat,”jelasnya.

Sementara, dalam laporannya Sekdin Kominfo Indrijantoro Widodo menyampaikan, berdasarkan penilaian Open data Barometer, disebutkan Indonesia mendapatkan skor 37,00 dalam skala 0 sampai 100. Ini menunjukkan bahwa perjalanan satu data Indonesia dalam implementasinya dinilai belum maksimal. Untuk kabupaten demak dari hasil assessment Tingkat Provinsi yang dilaksanakan oleh Bappeda Provinsi dan Diskominfo Provinsi mendapatkan nilai 75,00. Lebih tinggi dari Nasional.

“Hasil tersebut, wujud dari Kerjasama antara BPS sebagai Pembina data sectoral, Bappelitbangda sebagai koordinator data, Dinkominfo sebagai wali data sektoral, Dinputaru sebagai wali data spasial dan semua OPD sebagai produsen data sektoral dan spasial serta para sekretaris Dinas dan Badan sebagai wali data pendukung,”kata Indrijantoro.

Melalui rakor pengumpulan data prioritas dan evaluasi hari ini, Indrijantoro berharap di tahun 2024 pengumpulan data prioritas dapat dilaksanakan dengan baik. (kominfo/ist)

Tagline : Demak,
Kategori : Umum